Sabtu, November 27, 2010

Patutkah Kita menunggu saja atau.... SEKARANG JUGA....!

Tanpa sengaja sehabis magrib sore ini aku membuka internet untuk mencari berita. Ku buka berita2 yang mengenai tentang lingkungan hidup hingga aku mendapati berita tentang Laporan Analisis Dampak Ligkungan yang membuat laporan tetang beberapa perusahaan yang “Bandel” yang tidak mengindahkan dampak lingkungan dalam menjalankan bisnis perusahaannya. Ke 47 perusahaan ini telah memasuki daftar hitam alias telah melakukan perusakan lingkungan dan akan diberikan sanksi.

Gila..! coba pikir, ada 47 perusahaan dinegri ini yang sengaja mengundang kiamat dan bencana...aku tidak habis pikir apa sanksi yang kira - kira cocok untuk perusahaan ini yah..?. akankah diberikan benar – benar sanksi yang akan membuat jera..? atau nantinya hanya akan menambah kasus – kasus penyuapan yang sudah ada..?

Kita bisa bayangkan bila 1 perusahaan saja bisa membuat keracunan sekitar 300 warga, sehingga sesak nafas dan harus dirawat (Seperti berita yang bau – baru ini terjadi), kemudian bagaimana perusahaan – perusahaan penambangan yang telah menyulap bukit menjadi lembah dalam luasan ribuan bahkan jutaan hektar. Belum lagi zat berbahaya yang digunakan dalam penambangan contohnya merkuri yang mempunyai daya rusak hebat bila terkonsumsi oleh badan kita, dibuang begitu saja ke sungai setelah digunakan untuk penambangan...

Bila kita kaitkan dengan bencana yang datang akhir – akhir ini serta pemanasan global yang tengah menunggu untuk mengancam kita semua. Dalam tahun 2010 ini saja pada sekitar bulan Agustus di Timur Tengah Panasnya cuaca mencapai 100 derajat Fahrenheit atau 38 derajat  Celcius. Di Jepang, hawa panas telah menelan korban jiwa sebanyak 66 orang dan sudah mengirim 15 ribu orang ke rumah sakit. Korban terbesar adalah para lansia.Di Rusia, efeknya lebih menggerikan. Gelombang panas  menyebabkan kebakaran hebat di sejumlah kawasan hutan. Tak hanya menimbulkan kerugian ekonomi -- rugi US$ 15 miliar tapi juga menewaskan belasan orang. Kebakaran lantaran suhu memanas itu juga mengancam bangkitnya partikel radioaktif yang tersisa dari bencana nuklir Chernobyl 1986 ke atmosfer.

Coba saja sahabat – sahabat pembaca mencari berita – berita tentang pemanasan global di media informasi internet. Efek serta ceritanya sangat mengerikan. Bahkan disalah satu web site ada yang memperkirakan bahwa pelan tapi pasti air laut akan naik centi demi centi dan dalam 1 tahun akan menjadi hitungan meter sekitar 61 meter dalam 1 tahun kedepan bila benar – benar gunung es antartika jadi jatuh semua ke dalam laut. Belum lagi penemuan beberapa bongkahan es yang memisahkan diri dari gunung es tersebut yang mengapung ke daerah yang lebih hangat dan mencair. bongkahan es berukuran 260 kilometer persegi itu terlepas dari dataran es Greenland, yang apabila mencair akan menaikkan level permukaan air laut global sebesar enam meter.

Nah sahabat – sahabat semua, kita tidak bisa menunggu saja. Apalagi menunggu para pemimpin kita yang tengah sibuk dengan proyek – proyeknya. Mari kita bertindak cepat saling menjaga dan memberhentikan gejala – gejala yang memberikan sumbangsih perusakan alam sehingga mempercepat bencana ini. Stop perusakan lingkungan dan berani menstop orang, oknum, perusahaan, proyek yang merusak lingkungan. Ayo kita semua ...! Jangan menunggu saja...!

Referensi VIVANEWS.COM

Tidak ada komentar: