Kamis, Mei 21, 2009

Gunung Pancar, Sentul... Wisata Air Panas Yang dapat Menyembuhkan Penyakit...

Aku pernah survei untuk wisata ke Sentul Selatan... katanya disana ada pemandian air panas yang alami. Mungkin rekan - rekan ada yang sudah mampir ke sana sekaligus mencoba terapi air panas yang ada disana. Gunung Pancar nama pemandian air panas tersebut. Enak memang menghangatkan bahkan kalau menurutku air tersebut malah lebih panas dari kebanyakan air panas alami seperti di Ciater. Dan yang paling unik adalah air panas ini murni air dan tidak ada sama sekali mengandung belerang..!

Berangkat dari jakarta dan melewati jalan tol bogor, aku tidak memegang informasi apa - apa tentang tentang wisata ini. Setelah berdiskusi dengan ibu - ibu PKK RT tempat tinggal ku aku pun memilih keluar melalui pintu tol Sentul Selatan. Karena aku berfikir melewati sentul selatan mempunyai jalan yang bagus serta pemandangan yang indah. Sentul selatan juga mempunyai perumahan yang indah dan enak untuk menghiasi pemandangan perjalanan kita. Eh.. buat tempat bersantai dan bersepeda juga enak dilokasi ini.

Namun setelah bertanya ke penduduk dan orang yang berada disekitar ternyata aku salah arah dan harus berbalik ke arah sentul sirkuit.. mengikuti jalan di perumahan sentul selatan dan berbelok ke kiri jalan menurun, terus menelusuri jalan yang hanya bisa dilalui 2 kendaraan 2 arah ke arah citaringgul. Dari sana kita bertanya kemana arah kemana pemandian air panas maka akan dipandu oleh masyarakat sekitar ke arah gunung pancar tempat air panas tersebut. Dari sini jangan takut salah arah karena jalannya mudah dikenal dan satu arah menuju kepemandian air panas tersebut.

Namun jalan menuju pemandian Gunung Pancar adalah jalan off roader dan menanjak, hati - hati jika kendaraan anda tidak kuat. Banyak batu besar dan rusak, mungkin belum terjamah dengan dinas pariwisata dan hanya dikelola oleh masyarakat setempat. Jangan mencoba menerobos jalan tersebut bila kendaraan anda tidak kuat. (Waktu itu kendaraanku adalah panther thn 1996 kuat aja tuh, walau dibawa offroad). Tarif yang diambil memang agak variasi dari beberapa pintu gerbang memnag belum tertib karena masih dikelola secara kemasyarakatan oleh penduduk setempat.

Air panas yang dihasilkan adalah murni air dengan panas kira2.. 60 ~ 80 derajat selsius. Karena itu air ini dapat diminum langsung dan katanya dapat dipercaya untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Ada juga yang membuat terapi dangan menyiramkan air panas tersebut dengan selang kearah betis dan kaki, yang dilakukan secara teratur dengan hitungan waktu tertentu. Khabarnya banyak orang yang sudah tersembuhkan... Sehingga kita akan banyak menjumpai beberapa orang, terutama orang yang telah sepuh datang kesini sengaja untuk berobat.

Di sekitar area ada beberapa orang yang menjual belerang dan campuran lainnya untuk mandi. Kita bisa berendam dengan mencampurkannya ke dalam air atau mengoleskannya ke tubuh. Campuran ini diklaim sebagai belerang dan baik untuk campuran mandi air panas. Ada juga masyarakat yang menjual jasa memberikan pengetesan air tersebut sebagai air murni dan dapat diminum. Aku mencobanya dan rasanya memang air murni tidak ada rasa apa - apa dan yang menyegarkan adalah suhu air tesebut. Aku siapkan pula 2 botol air mineral yang sudah kuisi air tesebut untuk dibawa pulang...

Nah tertarik.. caba saja.. semoga pengalamannya lebih menyenangkan...

Cari daerah penghilang jenuh oleh Matt Rhicard.....

Tidak ada komentar: