Selasa, Mei 12, 2009

Flu Babi Pernah Mewabah Di Bali

Bagi masyarakat Bali virus flu babi merupakan pengulangan wabah yang pernah terjadi pada tahun 1918 dengan memakan korban jiwa sebanyak 30 ribuan orang. Namun demikian menurut Kepala Laboratorium Biosmedik dan Biologi Molekular Fakultas Kedoketeran Hewan Universitas Udayana, Gusti Ngurah Mahardika, meskipun virus flu babi atau swine influenza dengan sub tipe H1N1 dipastikan ada di Indonesia, genetik dan sifatnya berbeda dan tidak mempunyai daya pandemik seperti virus flu babi di Meksiko. Pada tahun 1918 kasus mirip flu babi disebut banyak orang tua di Bali sebagai sakit nyem (dingin), dahulu disebut juga flu Spanyol. Sebanyak 30 ribu orang yang meninggal itu adalah warga Badung, Tabanan, dan Gianyar. Dengan merebaknya flu babi di Meksiko, Mahardika meminta masyarakat Bali tidak resah atau panik. Yang harus dilakukan adalah mengenal lebih jauh penyakit flu babi dan pencegahannya serta mengawasi secara ketat lalu lintas orang yang masuk ke Indonesia melalui pelabuhan udara, laut, ataupun pintu masuk darat. Berdasarkan evaluasi Dinas Kesehatan Bali dan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah, Denpasar, visrus H1N1 yang terdeteksi di Bali berbeda dengan virus flu babi. H1N1 yang sudah umum di masyarakat memang sudah ada, dan disebut camon cool. Hampir semua orang pernah terkena, tetapi strain dari H1N1 bisa juga bersifat virulens sampai menimbulkan kematian 7 hingga 8 persen. Sementara Kepala Dinas Kesehatan Bali, Nyoman Sutedja, memprediksikan flu babi merupakan hasil mutasi dari virus H1N1 yang terdeteksi di Bali. Guna memastikan penyebaran flu babi, Dinas Kesehatan Bali akan kembali bekerja sama dengan Organisasi kesehatan Dunia (WHO) untuk melakukan uji sampel darah manusia ataupun hewan. Namun untuk mengantisipasi merebaknya flu babi di Bali, Pemprov setempat memperketat pengawasan lalu lintas ternak babi maupun daging babi potong. Dinas Peternakan juga melarang semua jenis ternak babi maupun daging babi potong dari luar masuk ke Pulau Bali.

Gejala Flu Babi pada manusia
Setelah Flu burung yang merebak di dunia sekarang muncul lagi virus baru yang dikenal dengan nama flu babi atau swine flu yang mana di meksiko sudah merenggut 159 orang.
Karena penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit yang langka atau baru maka, kita mesti mengetahui gejala-gejalanya, yaitu Pada umumnya, gejala infeksi flu babi pada manusia mirip dengan flu biasa pada manusia, yakni :
- Demam secara tiba-tiba
- Batuk.
- Nyeri otot
- Sakit tenggorokan
- Kelelahan yang berlebih
- Muntah-muntah]
- diare..

Sumber dari Shvoong kesehatan

Tidak ada komentar: