Kamis, Mei 07, 2009

Tips Berlibur..

Menentukan Hari dan Persiapan Berangkat Berlibur

Waktu adalah suatu pertimbangan yang utama, kita harus pintar-pintar memilih kapan saat yang tepat untuk berlibur. Pilihlah waktu yang pas, agar selama kita berlibur lebih terasa nya-man dan tidak terkesan terburu-buru. Sesuaikan jadwal libur kantor dengan jadwal libur anak sekolah. Akhir pekan adalah salah satu alternatif ber-libur.

Setelah menentukan kapan berlibur, Anda juga harus menentukan obyek wisata mana yang menjadi tujuan. Diskusikan dengan keluarga, obyek mana yang layak dikunjungi. Terkadang anak-anak selalu menjadi pe-nentu untuk memilih obyek wisata yang mereka inginkan.

Pertimbangkan jarak tempuh, jika berlibur satu hari, jarak tempuh yang dianjurkan tidak lebih dari 5 jam agar Anda bisa kembali ke rumah tidak terlalu malam. Bila menggunakan angkutan umum sebaiknya berangkat lebih pagi agar lebih cepat sampai di tujuan.

Bila akan menginap, Anda harus mempersiapkan segala sesua-tunya dengan baik. Tentukan di mana tempat menginap, pilihlah hotel atau penginapan yang sesuai dengan selera Anda dan keluarga.

Agar Anda tidak bingung menentukan pilihan, sebe-lumnya cari informasi tentang keberadaan obyek wisata yang Anda akan kunjungi, termasuk penginapan dan fasilitasnya. Anda bisa membaca brosur, peta wisata, buku panduan wisata, majalah atau tabloid tentang wisata.

Jika hari keberangkatan sudah dekat, persiapkan segala perlengkapan liburan Anda. Bawa uang secukupnya, gunakan ATM yang banyak tersedia di sepanjang jalan. Hindari menggunakan perhiasan yang berlebihan.

Bila Anda membawa kendaraan pribadi, pastikan kondisi kendaraan Anda dalam keadaan baik. Bawa semua perlengkapan mobil, seperti kunci-kunci, dongrak, lampu cadangan, senter, payung, dan lain-lain.

Setelah Anda yakin semua sudah dipersiapkan dengan baik, berangkatlah dengan tenang, jangan terburu-buru agar cepat sampai di tujuan. Karena keselamatan Anda adalah hal yang utama.


Yang Perlu Diperhatikan Saat Menginap di Hotel

Jangan tinggalkan barang berharga di dalam kamar seperti telepon geng-gam, perhiasan, jam tangan dan lain-lain. Tanya pihak hotel apakah me-reka menyediakan safety box. Jika ada, gunakanlah safety box tersebut untuk menyimpan barang berharga Anda. Jika tidak ada, sebaiknya barang tersebut Anda bawa saat Anda keluar dari kamar.

Selalu cek pintu kamar jika Anda akan pergi keluar. Kalau perlu lakukan cek ulang agar benar-benar yakin terkunci. Bila saat Anda di dalam ada yang mengetuk pintu, jangan tergesa-gesa untuk membukanya, tanya-kan dahulu siapa yang datang.

Saat Anda meninggakan kamar, pastikan keran air di kamar mandi dan televisi dalam keadaan mati. Jangan lupa mengunci pintu kamar dan simpan kuncinya pada tempat yang mudah diingat, misalnya pada saku baju atau tas bagian depan. Untuk lebih aman sebaiknya kunci dititipkan di front office.

Untuk Anda yang membawa anak-anak, selalu awasi gerak mereka, jangan membiarkan anak-anak bermain jauh dari pengawasan Anda.

Bila Anda membawa kendaraan pribadi, pastikan mobil Anda terkunci dan parkir pada posisi yang aman. Untuk lebih aman, sebaiknya gunakan kunci stir. Jangan ting-galkan barang berharga di dalam mobil.

Selama berada di lokasi hotel, selalu jaga kebersihan, jangan membuang sampah sembarangan. Dan selalu bersikap ramah kepada pelayan hotel, tanyakan dan mintalah apa yang perlu Anda butuhkan.

Semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar: