Minggu, Mei 03, 2009

Tip Mengendarai Sepeda Motor dengan Aman

Banyak sudah yang kita dengar tentang kecelakaan dijalan raya. Salah satunya pernah merenggut sahabat karibku yang kini telah mendahului kami karena kecelakaan tersebut. Menurut data kecelakaan jalan raya, pengendara sepeda motor adalah yang terbanyak menjadi korban.

Sepeda motor adalah kendaraan yang paling riskan untuk kecelakaan, Karena apa..? Menurut banyak orang yang sok tahu, sepeda motor dianggap sebagai kendaraan tercepat.. Itu salah menurutku.. Salah besar..!!!! Kecepatan dan kelincahan sepeda motor itu adalah MAUT..
Nah saya akan membagi tip mengendarai motor dengan aman…

1. Siapkan sepeda motor anda
Pastikan sepeda motor anda terkontrol dan terawatt. Sehingga pada saat digunakan kendaraan tersebut terjamin berfungsi secara baik. Terutama hal – hal yang berhubungan dengan keamanan / safety kendaraan, seperti: Rem, Ban, Rantai, Setang dan Klakson, jangan lupa pastikan tekanan ban selalu baik.

2. Gunakan pelindung diri; helm, jaket, sarung tangan, sepatu, dll
Jangan menganggap remeh alat – alat pelindung keselamatan berkendara, selalu gunakan untuk pencegahan dari hal – hal yang kita tidak kehendaki. Gunakan helm yang pas dengan ukuran kepala serta kaca pelindung yang bersih dan tidak kotor. Tidak menggunakan pelindung kaca dapat menyebabkan mata anda rusak bahkan dapat menjadi penyebab katarak. Jaga selalu kaca agar tetap bersih sehingga penglihatan dapat jelas dan terang. Gunakan ornament di sepeda motor atau jaket anda dengan warna atau bentuk – bentuk yang mudah terlihat dikegelapan malam. Jangan menggunakan ornament atau alat – alat yang justru membuat pengendara kendaraan lainnya silau atau kabur pandangannya.

3. Siapkan Mental
Hal yang terlupakan dari para pengendara motor adalah mental. Kita mesti menetapkan tujuan untuk apa kita mengendrai motor? Untuk balap atau hanya untuk mengantar anda ke tempat tujuan? “Ingatlah selalu orang yang anda cintai dirumah”. Ingat.. kecelakaan bukan hanya disebabkan dari diri kita namun orang lain juga dapat menyebabkan diri kita celaka.

4. Jaga jarak dan Irama Jalan
Selalu jaga agar ada jarak aman di sekeliling motor bukan cuma utk menjaga bila kendaraan di depan dan di sekeliling tiba2 berhenti tapi juga utk menghindari road hazzard yg tiba2 muncul krn sebelumnya tak terlihat. Imbangi irama kendaraan lain atau situasi jalan raya, gunakan rasa atau feel dan kesabaran. “Jangan pernah menggunakan rasa tanggung”. Karena itu adalah hal penyebab nomor satu dari kecelakaan. Bila telah menyatu dengan irama jalan, maka bila anda ingin lebih cepat anda dapat menggunakan saat yang tepat untuk mendahului dan tidak menyulitkan orang lain. Yang juga tidak kalah penting adalah, Jangan pernah mensejajarkan motor anda dengan mobil atau sepeda motor lainnya bila hal itu tidak memungkinkan atau satu lajur. Karena kita tidak tahu kapan kendaraan disamping kita akan berbelok.

5. Bersiap menghadapi segala sesuatu dijalan
setiap kali berkendara, bersiaplah menghadapi segala kemungkinan terburuk termasuk kecelakaan dng konsep ini, anda akan lebih berhati2 dan akan berkendara secara defensif berhati - hatilah di setiap belokan, persimpangan, lalu lintas dari arah berlawanan, dan tempat2 ramai yg dilewati (pasar, sekolah, dll). Dengan selalu berkonsentrasi menghadapi segala sesuatu didepan, maka kita akan secara penuh dapat menguasai kendaraan kita.

6. Gunakan kendaraan secara baik dan patuhi rambu lalu lintas..
Terkadang kita selalu mengacuhkan rambu – rambu lalu lintas.. Padahal rambu – rambu lalu lintas dibuat berdasarkan kondisi kecelakann yang pernah terjadi..

Kampanyekan terus cara2 berkendara yg lebih defensif dan elegan

by Matt Rhicard

Tidak ada komentar: